Contoh Resensi : FRUITS BASKET


Judul Buku   : Fruits Basket

Jenis Buku   : Komik (manga)

Penulis      : Natsuki Takaya

Penerbit : Hakusensha in Japan dan Elex Media Komputindo di Indonesia

Tebal        : 190 halaman

Edisi        : Buku 1-23

Cetakan  : Tahun 1994-2009

Satu lagi telah hadir sebuah komik lirisan Hakusensha yang berlatarbelakangkan kehidupan remaja SMU. Kisah yang berjudulkan Keranjang Buah ini bukanlah kisah cinta SMU yang standar dan terkesan basi.

Cerita yang diberikan sangat menarik. Komik ini berkisah tentang seorang gadis yatim piatu, Toru Honda, yang menumpang hidup di rumah keluarga Sohma. Berawal dari perjumpaannya dengan para anggota keluarga terpandang dan misterius itu kemudian ia menemukan sebuah rahasia terbesar yang disembunyikan keluarga tersebut beratus-ratus tahun silam. Rahasia tentang kutukan 12 shio. Dua belas anggota keluarga keluarga terpaksa secara turun-temurun akan dirasuki oleh salah satu dari 12 shio dan akan berubah wujud menjadi hewan yang merasukinya ketika bersentuhan dengan lawan jenisnya. Selain dari ke-12 shio tersebut ada pula yang dirasuki oleh siluman kucing yakni Kyo Sohma. Kyo manaruh dendam kepada Yuki Sohma yang dirasuki siluman tikus dan bertekad untuk menggeser kedudukan Yuki agar dapat masuk dalam lingkaran 12 shio. Menemukan keluarga baru yang baik dan menyayanginya, Tohru pun takrela menghadapi kenyataan pahit yang akan menimpa para 12 shio dan Kyo selepas lulus SMU nanti. Kenyataan bahwa mereka akan diisolasi seumur hidup dalam kurungan. Akhirnya ia pun bertekad untuk menghilangkan kutukan itu selama-lamanya meskipun ia harus menghadapi kepala keluarga Sohma.

Karya pertama komikus muda, Natsuki Takaya, ini menampilkan sisi lain dari remaja-remaja SMU. Meskipun memberikan konflik yang cukup berat dan terkesan fiksi, namun jangan langsung membayangkan komik yang muluk dan membosankan. Penulis menyajikannya dalam kisah komedi roman yang ringan dan mudah dimengerti oleh seluruh lapisan masyarakat. Juga kisah mengharukan para karakter dalam menerima kenyataan sebagai anak takdiinginkan oleh orangtua karena makhluk jadi-jadian dalam diri mereka serta seberapa sakit cara mereka mengatasinya. Namun tidak lupa juga kisah ini dibumbui dengan sedikit kisah cinta khas SMU para anggota keluarga Sohma yang kocak dan mengharukan.

Komik ini memberikan banyak hikmah dan makna tersirat melalui ucapan dan bahasa dari tiap karakter. Setiap kisah yang ditampilkan akan membuka wawasan kita tentang hidup yang sesungguhnya. Alhasil komik ini telah berhasil menyedot perhatian jutaan pembaca sejak dari cetakan pertama hingga 15 tahun terakhir ini.  Bukan tidak mungkin, sebab dalam komiknya, penulis mengarahkan sudut pandang kita betapa kegigihan, tekad keras untuk berubah, dan menerima diri apa adanya merupakan suatu hal yang penting untuk melangkah maju

3 thoughts on “Contoh Resensi : FRUITS BASKET

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s