DUA TIPE PENDAPAT ANAK TENTANG ORANG TUANYA


Orang tua. Siapa, sih yang gak punya? Orang tua adalah sepasang manusia yang berhasil membiarkan kita menghirup hawa dunia. Bahkan dalam kondisi terparah sebagai anak tak diinginkan oleh orang tua pun, kita harus menerima kenyataan bahwa takkan mungkin kita hidup kalau tidak ada orang tua sebelumnya.
Setiap anak pasti punya kesan tersendiri saat ditanya tentang orang tua mereka. Jawaban mereka ada dua. Sangat baik atau sangat buruk. Mengapa kukatakan demikian? Sebab sosok orang tua merupakan sosok yang paling penting di dunia ini. Jikalau sosoknya memberikan arti bagi si anak. Tentu tanpa ragu anak itu akan mengatakan ‘sangat baik’. Dan bila ternyata sosok itu hanya menjadi pembuat kesedihan, kegelisahan, dan kekecewaan bagi si anak. Tentunya dengan rasa penuh kekecewaan si anak akan mengatakan ‘sangat buruk’. Tidak bermaksud untuk menyinggung pihak mana pun. Namun, memang demikianlah kenyataannya…
Aku bukan orang yang berpengalaman mengenai hal seperti ini. Aku (alhamdulillah) bukanlah si anak tipe 2 yang mengatakan ‘sangat buruk’. Aku pun tidak berada dalam lingkungan keluarga demikian. Namun, aku tahu bahwa tidak sedikit tipe anak ke-2 di dunia ini. Banyak hal yang terjadi pada mereka. Banyak alasan yang membuat mereka mengatakan ‘sangat buruk’. Namun, kuharap yang terjadi selanjutnya saat si anak mengatakannya adalah hal yang terbaik.
(hm.. dalam arti yang banyak, loh)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s