Stres? Cobalah Baca Manga!


Bosan? Sedang penat dengan kesibukan sehari-hari? Atau Anda tidak punya kegiatan? Aku sarankan, cobalah membaca manga. Manga alias komik yang berasal dari negeri sakura ini bukanlah hal yang tabu di Indonesia. Serial animasi (anime) yang cukup terkenal seperti Naruto, Inuyasha, Detective Conan, One Piece, dan lain-lain semuanya bercikal bakal dari dunia manga. Tidak jarang manga dengan penampakan dua dimensi ini juga sering diadaptasikan menjadi serial drama yang diperankan oleh manusia yang dikenal sebagai Live Action. Sebut saja drama televisi terkenal semacam Meteor Garden dari Taiwan yang diadaptasi dari manga berjudul Hana Yori Dango, Detective Conan, Death Note, Full House, Crows Zero, dan masih banyak lagi.

Berbagai situs membaca manga online gratis begitu banyak tersedia di internet. Sebut saja mangafox.me, mangahere.com, dan anymanga memberikan kemungkinan Anda membaca manga gratis yang telah diterjemahkan dalam bahasa Inggris. Sedangkan, bila Anda tertarik untuk membaca manga berbahasa Indonesia dapat dipilih situs semacam bacamanga. Namun, tentunya situs dengan terjemahan berbahasa Inggris menyediakan ragam manga dengan genre yang lebih banyak dan cukup lengkap dibandingkan manga berbahasa Indonesia selain Anda juga dapat menambah kosa kata bahasa Inggris mengingat terkadang ditambahkan banyak idiom baru oleh translator.

Sebelum Anda berselancar mencoba membaca manga, perlu Anda ketahui beberapa istilah genre manga yang mungkin agak asing bagi Anda yang baru pertama kali membaca online. Silahkan dibaca selengkap-lengkapnya agar Anda dapat menemukan bacaan manga yang tepat.

MECHA menampilkan cerita dengan robot dan pilot sebagai latar belakangnya. Contohnya : Ful Metal Panic atau Saint Saiya.

SHOUNEN merupakan genre manga yang dikhususkan untuk laki-laki berusia apapun. Pada genre ini cerita yang menampilkan pertarungan, pertandingan, dan petualangan merupakan hal yang paling sering dimunculkan.

SEINEN merupan genre yang juga dikhususkan untuk laki-laki, namun hanya untuk yang berusia di atas 18 tahun. Mengapa? You Know-lah..

SUPERNATURAL merupakan genre manga dengan menampilkan kejadian yang tidak masuk akal di alam. Misalnya Inuyasha dan Bleach

SCI-FI merupakan genre fiksi sains yang berlatarbelakangkan teknologi masa kini maupun masa depan yang dibuat dengan imajinasi oleh si mangaka.

TRAGEDY tentunya merupakan genre dengan cerita yang akan membuatmu berlinang air mata. Ceritanya disajikan dengan beragam sisi kehidupan yang cukup menyesakkan dada. Aih!

FANTASY merupakan genre yang penuh dengan magic, dunia mimpi, dan hal-hal aneh yang tentunya tidak ada di dunia kita. Anime yang cukup terkenal seperti Sailormoon.

ONE SHOT merupakan genre khusus untuk manga pendek dengan cerita yang singkat dan langsung tamat.

SLICE OF LIFE tentunya menghadirkan cerita seputar kehidupan yang mungkin terjadi.

GENDER BENDER merupakan genre manga yang bercerita tentang perempuan atau laki-laki yang mengubah gendernya karena kondisi dan alasan tertentu. Dapat berupa laki-laki yang menggunakan make-up atau perempuan yang menyamar menjadi laki-laki. Yah, cerita seperti ini cukup popular.

MARTIAL ART merupakan genre yang tentunya seputar aikido, tae kwon do, karate, maupun kendo.

SHOUJO merupakan genre yang dikhususkan untuk perempuan secara umum. Pada dasarnya karakter yang bermain berusia 10 sampai 18 tahun. Pada genre ini sering menampilkan cerita cinta di dalamnya.

JOSEI merupakan genre yang khusus menampilkan karakter utama wanita yang berusia 18 sampai 30 tahun. Pada dasarnya ceritanya tentang pengalaman wanita-wanita Jepang yang cukup realistik seperti Shoujo.

HAREM merupakan genre yang bercerita tentang satu laki-laki yang dikelilingi oleh banyak pemeran wanita yang tertarik oleh satu lelaki itu. Atau sebaliknya. Misalnya Meteor Garden.

Selain istilah genre di atas, ada juga beberapa genre seperti Shounen Ai, Shoujo Ai, Yaoi, dan Yuri yang menampilkan kisah cinta sesama jenis. (Aku cukup bingung, kok cerita seperti ini tidak di ‘banned’?)

Demikianlah beberapa istilah yang sudah Aku uraikan. Selain manga, adapula komik sejenis manhua (komik Cina) dan manhwa (komik korea) yang disediakan.

Salah satu genre yang disediakan manhwa adalah webtoon. WEBTOONS merupakan genre khusus dari korea yang menampilkan gambar berwarna seperti kartun. Namanya saja Web Cartoon…

Semoga dapat membantu. Jangan sungkan untuk bertanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s